Masih Merasa Sulit Tunaikan Shalat Ashar? Ketahuilah, Inilah 4 Keutamaan Shalat Ashar Yang Wajib Diketahui


SocialTrenz - Sholat adalah tiang agama, oleh karena itulah kita tidak boleh meninggalkannya. Sholat dalam islam yang wajib dikerjakan setiap harinya ada 5 waktu, yakni subuh, Dhuhur, Ashar, Maghrib dan Isya’.

Dari kelima waktu shalat diatas, yang paling sulit dilakukan adalah Subuh ketika kita tidur, dan Ashar ketika kita lelah beraktivitas. Hmm.. tapi bagi anda yang masih bermalas-malasan melakukan shalat Ashar, berikut 4 keutamannya, seperti yang dikutip dari Islampos.

1. Salah Satu Amalan yang Menggemparkan Surga
Shalat ashar merupakan salah satu ibadah wajib yang bisa mengantarkan seseorang ke surga. Sebagaimana disebutkan dalam beberapa riwayat hadis bahwa siapa saja yang melaksanakan shalat ashar, maka dia akan masuk ke dalam surga.

Namun ada baiknya bila melaksanakan shalat ini di awal waktu. Sehingga kita pun bisa lebih khusyu’ dan tidak tergesa-gesa dalam melaksanakanya. Sebagaimana disebutkan dalam surat Al-Baqarah ayat 238, “Peliharalah semua shalat(mu), dan (peliharalah) shalat wusthaa. Berdirilah untuk Allah (dalam shalatmu) dengan khusyu.”

Beberapa ulama berpendapat dan sepakat bahwa yang dimaksud dengan shalat wustha adalah shalat ashar. Dimana hal ini berdasarkan pada hadis Rasulullah SAW di saat terjadinya perang mahzab bahwa, “Mereka (kaum kafir Quraisy) telah menyibukkan kita dari shalat wustha, (yaitu) shalat ashar.”

2. Dapat 2 Kali Lipat Pahala dan Ditolak Oleh Neraka
Mengenai hal ini, ada sebuah hadis khusus yang menyebutkan tentang pahala bagi orang yang menjaga shalat ashar yaitu mendapatkan pahala dua kali lipat, dan ia juga tidak akan dimasukan ke neraka.

Hal ini disebutkan dalam hadis yang diriwayatkan dari Abu Bashrah al-Ghifari yang menceritakan bahwa, “Rasulullah SAW shalat ashar bersama kami di daerah Makhmash. Kemudian beliau bersabda, ‘Sesungguhnya shalat ini (shalat ashar) pernah diwajibkan kepada umat sebelum kalian, namun mereka menyia-nyiakannya. Sehingga barangsiapa yang menjaga shalat ini, maka baginya pahala dua kali lipat’,” (HR. Muslim no. 830).

Selain itu Rasulullah SAW juga bersabda, “Tidak akan masuk neraka seorang pun yang mengerjakan shalat sebelum matahari terbit (yakni shalat shubuh) dan sebelum matahari terbenam (yakni shalat ashar),” (HR. Muslim no. 634).

3. Menjadi Pembeda Diri dari Orang Munafik
Keutamaan shalat ashar selanjutnya adalah menjadi sebuah pembeda diri dari orang-orang yang munafik. Sebagai umat Islam kita sangat dianjurkan untuk mengerjakan shalat di awal waktu. Sebab selain banyak keutamaan yang akan diperoleh, mengerjakan shalat di awal waktu merupakan salah satu cara untuk membedakan diri dari orang munafik.

Sebagaimana disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda orang yang munafik akan mengerjakan shalat ashar ketika matahari telah hampir tenggelam. Sehingga ia mengerjakan shalatnya secara cepat seperti patukan ayam.

“Itulah shalatnya orang munafik, yaitu duduk mengamati matahari. Sehingga ketika matahari berada di antara dua tanduk setan atau ketika hampir tenggelam, maka dia pun berdiri untuk mengerjakan shalat ashar empat raka’at secara cepat seperti patukan ayam. Dan dia juga tidak berdzikir untuk mengingat Allah, kecuali hanya sedikit saja,” (HR. Muslim no. 622).

4. Disaksikan Langsung Oleh Malaikat
Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa para malaikat malam dan siang silih berganti mendatangi seorang hamba. Dimana mereka akan berkumpul di saat shubuh dan ashar. Kemudian malaikat yang menjaga kalian akan naik ke atas hingga Allah Ta’ala bertanya kepada mereka -dan Allah lebih mengetahui keadaan mereka (para hamba-Nya)-, “Dalam keadaan bagaimana kalian tinggalkan hamba-hambaKu?” Para malaikat menjawab, “Kami tinggalkan mereka dalam keadaan sedang mendirikan shalat. Begitu juga saat kami mendatangi mereka, mereka sedang mendirikan shalat,” (HR. Al-Bukhari no. 555 dan Muslim no. 632)

Subhanallha.. Semoga dengan kita mengetahui 4 keutamaannya, kita tidak lagi bermalas-malasan dan lebih bersemangat dalam menunaikan ibadah Shalat, terutama Shalat Ashar.


sumber : wajibbaca.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jatuh Cinta Dengan Suami Orang Memang Bahagia Tapi Membuat Sengsara, Ini 10 Alasan Dilarang Berpacaran Dengan Suami Orang

Suami Membiarkanku Gemuk Sebab Dia Takut Aku Meninggalkannya Jika Langsing

Astagfirullah! Inilah Fenomena Anak SD Pacaran, Lihatlah Status-statusnya Di Akun FB Sofy Azahra Rara