Saat Anakmu Ulang Tahun, Yang Pantas Menerima Kado Adalah Istrimu


SocialTrenz - Saat anakmu berulang tahun ke-1, satu tahun yg lalulah istrimu merasakan nyeri senyeri-nyerinya yang tak pernah dirasakan sebelumnya bahkan nyaris ia di penghujung usianya.

Saat anakmu berulang tahun ke-2, sudah dua tahun istrimu terbiasa kurang tidur krn menyusui, mengganti popok saat malam, menjaga anakmu yang tengah sakit, bahkan lebih dari dua tahun, krn susah tidur itu menyertai saat hamil tua.

Saat anakmu berulang tahun ke-3, sudah tiga tahun istrimu melupakan kesukaan dan hobinya krn sibuk 24 jam menjaga anakmu.

Saat anakmu berulang tahun ke-4 mungkin ia sudah lupa dengan teman-teman lamanya krn makin sibuk tenggelam dalam urusan anak dan rumah atau bahkan tambah repot krn anakmu telah bertambah.

Saat anakmu berulang tahun ke-5, istrimu mungkin terlihat makin berubah, makin sering marah-marah karena anakmu makin pintar bertingkah.

Wahai suamiku...
Kau adalah ladang amal bagiku
Kelebihanmu kusyukuri semoga menjadi amal atas kekuranganmu
Aku bersabar dan membantumu untuk memperbaikinya
Dunia adalah bahu membahu untuk dapat pulang dengan selamat

Kamu perhatikan tangan istrimu makin kasar krn pekerjaan rumah, wajahnya mulai redup makin banyak garis menua. Istrimu nampak lebih sibuk dari presiden manapun, kesibukannya makin menggila mengurusi rumah, anak-anak juga dirimu. Istrimu jadi ahli mengerjakan ttg banyak hal: pertukangan, perbengkelan,interior designer, chef, teacher, driver,suster, baby sitter, maid, manager,  bendahara, financial planner, life planner, etc. Namun dia terlihat berubah jadi monster karena teramat sering marah-marah, badannya membesar, wajahnya menyeramkan.

Kamu heran, mengapa ia banyak berubah setelah memiliki anak? Apalagi jika kalian memilih untuk banyak anak.

Men...
Dia adalah istrimu yang hidupnya banyak berubah setelah menikah denganmu dan makin berubah lagi setelah melahirkan anak-anakmu.

Hari-harinya tak pernah sama lagi dengan dulu saat belum ada makhluk mungil yang kalian bilang buah hati itu.

Jika ada uang lebih sisa belanja, ia memilih menabung untuk keperluan anak-anakmu dibanding perawatan wajah atau pelangsingan badan. Bahkan seringkali, ia tak membeli keperluan dirinya, makanya bajunya hanya itu-itu saja agar bisa membayar biaya les anak-anakmu.

Jika kau lihat, saat gadis ia begitu manis menggemaskan, lucu dan menyegarkan semuanya telah berubah. Jika dulu kamu hanya lelaki biasa yang memprihatinkan setelah menikah kamu lebih rupawan, keren dan lebih menawan itu karena dia.

Kamu merasa, istrimu makin jauh darimu, jika diajak berbicara urusan kantor ga nyambung, jika mengobrol isu politik dan berita masa kini ke laut, jika diajak serius ngobrol ga perhatian, namun kamu merasa dia menuntut banyak hal darimu? Dia sering dikit-dikit ngambek, emosinya labil dan sensitif.

Men...
Setelah mempunyai anak, pikirannya sudah bercabang jadi banyak. Dia tak peduli akan ada apa di dunia ini, yang penting anak-anaknya sehat,pintar, sholih. Dia tak mengikuti isu politik kekinian yang penting tetep bisa beli beras, lauk dan sayur mayur. Dia tak tahu menahu saat diajak berdiskusi urusan pekerjaanmu karena 24 jam waktunya sudah tergadai untuk rumah-anak-dirimu itupun gak habisnya diurus bahkan ia sudah lupa impian dan cita pribadinya. Dia sering ga konsen saat kamu ajak bicara serius krn anak-anakmu yg dia jaga seringkali membuat atraksi membuyarkan konsentrasi.

Men...
Berapa usia anakmu sekarang?

Sudah berapa kali kalian memberi aneka hadiah saat anak kalian ulang tahun?

Tapi... pernahkan kalian memberi ucapan kepada istri kalian "Makasih ya Mah, sudah melahirkan dan berjuang membesarkan anak kita hingga ia berusia sekarang..."

Pernah memberi hadiah pada istri saat anak kalian berulang tahun?

Well... kalau menurut saya, saat anak berulang tahun yang patut diberi hadiah dan ucapan adalah istri kalian. Dia yang hidupnya nyaris di ujung usia saat melahirkan anakmu, sementara kalian mengajarkan anak kalian merayakan ulang tahun di saat istrimu, ibu dari anakmu kepayahan berjuang.

Sudah berapa usia anakmu sekarang? Seusia itulah pula hari-hari istrimu berubah.

-----

Sudah dua tahun terakhir ini, setiap saya ulang tahun saya berpesan pada suami agar jgn mengucapkan selamat dan jangan memberi hadiah. Plis, hati ini gak tega merayakan ultah dgn bahagia sementara ibu saya tengah kepayahan melahirkan saat itu.

Tapi, saya bilang kalo mau kasih kado ya pas hari lahir anak-anak. Karena melahirkan itu patut diberi apresiasi tinggi, bahkan dalam Islam setara dengan jihad.

So, buat ibu2 yg punya anak byk siap2 dpt kado byk tiap tahun setiap anak2 ulang tahun hihi...

Suami yg baik, pasti paham bgt kenapa saat hari lahir anaknya yang seharusnya dikasih kado itu adalah istrinya :)


By : Zarah Safeer

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jatuh Cinta Dengan Suami Orang Memang Bahagia Tapi Membuat Sengsara, Ini 10 Alasan Dilarang Berpacaran Dengan Suami Orang

Suami Membiarkanku Gemuk Sebab Dia Takut Aku Meninggalkannya Jika Langsing

Astagfirullah! Inilah Fenomena Anak SD Pacaran, Lihatlah Status-statusnya Di Akun FB Sofy Azahra Rara